Jumat, 09 Januari 2015

BDP BCA

Hari ini ditengah kegalauanku masih digantung ma lapak OJK, aku berusaha tuk nulis pengalaman sewaktu ngikutin tahap BDP BCA sampai dinyatain LULUS beberapa hari yang lalu. Ok, kita mulai dari BDP itu sendiri, BDP adalah program MT di BCA yang sama dengan program ODP di Bank Mandiri atau bank-bank lainnya. Setelah dinyatain lulus program BDP ini kita bakalan berangkat ke Jakarta tuk ngikutin pendidikan selama lebih kurang dari 1 tahun. Proses seleksinya sendiri itu cukup panjang dan memakan banyak waktu kurang lebih 2 bulan tuk program seleksinya. Tetapi dibandingin Mandiri, proses seleksi BDP BCA antara seleksi yang satu dengan selanjutnya biasanya berselang 2 minggu.

Untuk tahapan seleksi sendiri ada 7 tahap yang bakal teman-teman ikutin, yaitu:

1.      Seleksi Administrasi
Kita mulai dari seleksi administrasi. Di tahapan ini yang paling penting kita perhatiin itu CV. Jadi kalau bisa CV nya bisa nunjukin kelebihan-kelebihan yang ada pada diri teman-teman.
Tips: CV yang baik itu tidak terlalu panjang, data diri teman-teman harus serinci mungkin (tapi serinci mungkin juga maksudnya dimulai dari no hp harus jelas dan kalau bisa on 24 jam, dan alamat email jangan pake nama allay), selain data diri teman-teman juga nunjukin prestasi-prestasi yang teman-teman udah raih selama ini dan organisasi-organisasi yang teman-teman ikutin, nilai plus ni kalo kamu juga nyertain jabatan yang kamu tempatin sewaktu kamu di organisasi. Artinya CV itu dibuat singkat, padat dan jelas dan kalau bisa kasih pasfoto yang berwarna.

2.      Psikotes
Psikotes yang dipake ma BCA soalnya sama dengan psikotes yang dipake sama OJK di seleksi psikotes 1nya. Ada beberapa soal yang masih aku inget, misalnya:
a.      Kota apa di jawa yang letaknya paling selatan?
b.      Diameter uang koin Rp.50,00 berapa?
c.       Tinggi anak umur 10 tahun berapa cm?
Ada juga disuruh bayangin, bolak-balik kubus, menghitung rekening Koran, gambar manusia, pohon dan membuat gambar dari pola titik dan garis. Selain itu disuruh juga tuk hapalin daftar kelompok kata setelah itu ditanya huruf A,B,C,…. Ada di kelompok kata mana gitu. 
Tips: Istirahat yang cukup dan sarapan sangat membantu proses ini karena harus konsentrasi penuh. Selain itu untuk soal psikotestnya bisa di search di google krn kemarin aku sempat nemu tapi lupa webnya. Jangan lupa juga pantengin yang namanya KASKUS gan dan blog pendahulu, bakal bantu agan banyak. Tuk rekening Koran kalau bisa grafiknya jangan terlalu tajam jigjagnya gan, jadi jangan terlalu ngebut di awal dan makin lama makin lambat gan. Tuk tes gambar dari pola dan titik buat gambar sekreatif mungkin, gitu juga tuk gambar manusia (manusianya lagi ngelakuin sesuatu, garis leher kelihatan, jari-jari tangan kelihatan, dan dia senyum) dan pohon (pohon bercabang, daunnya buat serimbun dan sejelas mungin, gambarin buahnya, di bawah pohonnya gambarin rumput, gambarin juga burung-burung). Ingat gan gabarnya gak perlu bagus sekali tapi bersih dan lengkap.

3.      Wawancara Psikolog
Wawancara psikolog ini lebih kepada ditanyain soal CV gan, jadi CV yang agan-agan tulis harus agan kuasai dan inget jangan bohong. Kalau aku kemarin ditanya pengalaman organisasi, prestasi dan kegiatan apa yang aku lakuin setelah dinyatain lulus. Jadi agan-agan semua kalau bisa jangan ngendap di rumah aja setelah lulus. Hehe. Becanda doank. Diakhir wawancara aku juga ditanyain kalo gak lulus program BDP mau gak di tempatin di back office. Aku mah jawabnya iya, iya aja gan.
Tips: Ketika diwawancara jangan gugup dan kalau gugup pun usahakan tidak terlalu kelihatan, pandangan mata jangan kebawah gan kalau bisa pandangin tuh wajah psikolognya (tapi gak pake diplototin gan, hehehe), dari pendapat kita nyatain kita kekeh dah milih BCA dan bakal buat yang terbaik tuk BCA.

4.      Dinamika Kelompok
Dinamika kelompok ini diawasi ama 2 orang HRD gan dan didatangin langsung dari Jakarta gan. Diawal dinamika kelompok yang berisi sekitar 6 orang, kita dikasih bahan diskusi yang sifatnya masih umum belum masuk keranah perbankan. Kemarin aku dikasih kasus gimana ningkatin kwalitas pendidikan di Indonesia termasuk solusi-solusinya. Dikasih waktu 60 menit gan. HRDnya Cuma liatin kita diskusi gan gak masuk nimbrung dianya.
Tips: diskusi ini sifatnya leaderless group discussion gan. Jadi agan-agan semua meski bertindak sebagai moderator harus juga ngeluarin pendapatnya, jangan memonopoli keadaan, jangan menyalahkan pendapat temen lain kalo menyanggah boleh gan tapi usahain gak mojokin orang lain. Intinya sekali bicara tetapi kalau bisa usul kita diterima semua peserta diskusi, ini point lebih tuk kita gan.

Setelah diskusi dilanjut dengan nyusun puzzle. Total dari puzzle ini ada 25 keping gan, dan gambarnya tu tali yang carut-marut yang gak tahu tepiannya dan tidak ada pola yang bisa kita contoh. Kalau gak salah dikasih waktu 20’ tuk nyatuin tu puzzle. Setelah 20’ pertama, HRDnya bakal nanya ‘berapa yang dah kelar puzzlenya? Sulit gak? Masalahnya apa kok gak selesai? Kalo dikasih 10’ tambahan bakal bongkar ulang puzzle nya atau lanjutin yang sudah da?’ kira-kira itu pertanyaannya gan. Kalo aku kemarin ditanya kenapa gak selesai? Aku jawabnya Karen starting pointnya gak ditahu gan.
Tips: Jangan berusaha tuk memonopoli keadaan gan tetapi tetap harus aktif gan.

5.      Wawancara HRD
Waktu aku tes wawancara HRD ini dilaksanakan bersamaan dengan dinamika kelompok gan jadi siap sedia bawa cemilan dari rumah gan karena prosesnya lama dan dipanggil satu-satu tuh ke ruang wawancaranya. Disini juga banyak ditanyain tentang CV, apa yang kita tahu tentang BDP, dan selebihnya curhat + becanda gan. Hehe.
Tips: usahain tahu point-point penting BCA seperti profil, pendapatan, prestasi, CSR, visi dan misi, dll. Ingat gan jangan gugup dan liat wajah HRDnya dan berusahalah tampil semeyakinkan mungkin.

6.      Wawancara User
Berselang beberapa minggu setelah wawancara HRD akhirnya aku dapat panggilan wawancara user gan. Tetapi berhubung aku lagi ada acara penting bertepatan dengan hari wawancara user yang udah ditetapin jadi aku minta reschedule ulang. Dan puji Tuhan dikasih ijin dan dijadwalin 1 hari kemudian setelah hari yang ditentuin pertama. Wawancara user gak jauh beda ma wawancara HRD.
Tips: jangan gugup dan tips yang aku bagiin di wawancara HRD juga harus dikuasain.

7.      Tes Kesehatan
Aku dapat kabar bahwa aku lulus wawancara user hanya berselang beberapa jam setelah aku selesai wawancara user. Dan langsung disuruh ke bank BCA tuk ambil surat pengantar yang akan dibawa pas MCU. Aku tunda 2 minggu setelah pengambilan surat pengantar baru pergi MCU karena sakit dan pihak BCA nya bilang gak masalah kok. Karena kita gak boleh sakit terkhusus batuk dan tuk cew, gak boleh lagi M. MCU tuk program BDP BCA ada yang namanya tes urine, darah, dokter umum (tekanan darah), buta warna,foto torax.
Tips: Ingat puasa 9-10 jam sebelum MCU, minum air putih sebanyak-banyaknya, kalau bisa jauh-jauh hari olahraga, dan jangan begadang sehari sebelum MCU.

Sekitar hamper satu bulan aku nungguin hasil akhir, tetapi tak kunjung tiba. Padahal salah satu teman yang tes kesehatan sekitar seminggu sebelum aku pergi tes MCu dah dikabarin lulus ma pihak BCA sebelum natal, alhasil aku was-was kalau aku gagal. Jadi aku beraniin diri untuk telp BCA pusat di no 0212556300  dan minta dihubungkan ke pihak BDP. Dan pada akhirnya Puji Tuhan aku dinyatain lulus dan disuruh nyiapin berkas, antara lain:
a.      FC KTP
b.      FC NPWP
c.       FC halaman pertama buku tabungan BCA
d.      Materai 6000 3 lembar
e.      FC KK
f.        FC Akte lahir
g.      Pasfoto 4x6 3 lembar warna
h.      FC TOEFL
i.        FC Jamsostek (kalau ada)
j.        FC dan asli ijazah S1
k.       FC transkrip nilai legalisir
l.        FC ijazah SMA
Tuk jadwal pemberkasan dan kelas bakal dihubungin kembali ma pihak BCA nya dan masih nunggu ni. Buat teman-teman yang lagi seleksi BDP BCA sukses ya tuk kita semua dan semoga catatanku ini bisa membantu. SEE YA…..

9 komentar:

  1. Aku jg blm di tlfn bca nih padahal aku udah test mcu :(

    BalasHapus
  2. hallo rizka, coba di tlp langsung ke bca pusat. kemarin aku juga lama banget baru dapat konfirmasi ternyata setelah aku tlp dinyatakan lulus. Tlp BCA pusat dan minta disambungin ke bagian BDP nya langsung. Semangat ya

    BalasHapus
  3. ka CHRISTIANSEN,,
    saya mau tanya
    untuk periode 2016 kira-kira program BDP kapan lagi di buka ya??
    Dengar-dengar katanya BDP mau di hapuskan ya? jadi was-was :(
    dr awal kuliah tujuan saya pengen bgt msk BDP BCA
    Mohon infonya ya ka :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau itu aku kurang tahu lavenia, coba di tlp BCA bagian bdpnya aja langsung.

      Hapus
  4. Kk sy galau, teman ada yg udh di sms gagal, dan ad yg di tlp utk test MCU. Sedangkan saya kok gk ad kabar apa2 y? Jd gmn y? Ap tlp pihak BCA? Sy regional Kalbar ap hrz telpon ke pusat atau ke BCA Pontianak na? Mohon info na.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku sih kemarin aku tlp pusat langsung trus tanyain akunya lulus ato gak. even blm di hubungin blm tentu gak lulus kok. coba diconfirm aja.

      Hapus
  5. Mbaa mau tanya ini sama ga ya test mdp cs finance?

    BalasHapus
  6. Mbaa mau tanya ini sama ga ya test mdp cs finance?

    BalasHapus
  7. Halo kak, mau tnya, gmna klo kitanya g pnya npwp trus gbsa rkening di bca db gbsa srtifikat toefl ? Apkah ketiganya itu benar2 wajib atau opsional ? Dn adakah dwajibkan fasih brbhsa inggris ?

    BalasHapus