Senin, 27 Juli 2015

Klasikal, OJT, Orientasi

Gak terasa ni dah bulan Juli, berarti kurang lebih 4-5 bulan aku dah pelajari banyak hal di OJK. Proses diawali dari proses klasikal. Dalam proses ini teman-teman bakal dibekali banyak pelajaran terkait dengan core business OJK mulai dari perbankan, pasar modal dan IKNB. Selain itu teman-teman juga bakal dibekali dengan pengetahuan terkait OJK sendiri serta bimbingan tentang kepribadian dari duta bangsa. Setiap hari senin teman-teman bakal mengikuti ujian terkait topik yang dipelajari. Setelah itu teman-teman bakal di ranking dari nilai yang paling tinggi ke nilai yang paling rendah.

Setelah proses klasikal, teman-teman bakal mengikuti proses yang namanya On the Job Training (OJT). Disini teman-teman bakal mengikuti praktek langsung ke satuan kerja yang ditugaskan di pusat selama 5 minggu (masing-masing 1 minggu per satuan kerja) dan 2 minggu di daerah. Untuk kelompok ane, dapatnya kemarin di KR OJK Bandung. Pada saat OJT, teman-teman juga akan berinteraksi langsung dengan semua teman-teman di satuan kerja tersebut. Pada hari Senin-Kamis, teman-teman akan diberikan waktu untuk mempelajari kegiatan yang dilakukan di satker dan menulis paper terkait proses kerja satker tersebut. Lalu pada hari Jumat teman-teman dipersilahkan untuk mempersentasikan paper yang sudah teman-teman buat.

Ok, kita masuk ke proses terakhir yaitu Orientasi. Pada proses ini, teman-teman akan ditempatkan untuk mempelajari lebih lanjut kegiatan yang dilakukan di suatu satker tertentu. Teman-teman akan mengikuti proses orientasi setidaknya dalam kurun 7-8 bulan. Perbedaan OJT dengan orientasi yaitu: ketika OJT, teman-teman akan mempersentasikan paper diakhir minggu, hari Jumat. Akan tetapi di tahap orientasi, teman-teman akan mempersentasikan paper setelah 7-8 bulan masa orientasi. Penempatan orientasi teman-teman sudah mencapai 90% kepastian tempat teman-teman bakal ditempatkan setelah pengangkatan. Akan tetapi, masih ada kemungkinan untuk dipindah tergantung kebijakan SDM. 

SEMANGAT YA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar